SDIT Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Belajar dan Bertualang: School Immersion SDIT Al-Hamidiyah ke Malaysia yang Penuh Makna

Jum'at, 21 Juni 2024 Oleh Hana Qonita 475 kali

Sebuah langkah inovatif dilakukan SDIT Al-Hamidiyah dalam memperluas wawasan dan pengalaman budaya para murid. Pada tanggal 22 sampai dengan 26 Mei 2024, SDIT Al-Hamidiyah menggelar kegiatan School Immersion yang membawa murid untuk mengunjungi sekolah dan beberapa tempat terkenal di Kuala Lumpur Malaysia. 

School Immersion Program bukan sekadar kunjungan biasa. Program ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk memberikan pengalaman yang mendalam kepada murid dalam lingkungan internasional. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu para murid dalam banyak hal, di antaranya:

1. Mengembangkan karakter, rasa percaya diri, dan kepribadian yang mulia,

2. Meningkatkan rasa cinta dan bangga pada budaya Indonesia,

3. Mengembangkan keterampilan hidup dan kemandirian,

4. Memperkuat rasa persaudaraan dan kebersamaan,

5. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.


Kegiatan School Immersion diikuti murid kelas 4, 5, dan 6 sebanyak 18 orang. Mereka didampingi oleh dua orang guru pembimbing, Ms. Okta dan Ms. Endang serta Mr. Swandaru sebagai perwakilan dari Direktorat Pendidikan Yayasan Islam Al-Hamdiyah. Sebelum melakukan perjalanan menuju Malaysia, para murid telah melakukan persiapan yang matang bersama guru pembimbing, seperti latihan penampilan budaya Indonesia.

Islamic School Malaysia (IISM) merupakan sekolah tujuan belajar murid SDIT Al-Hamidiyah. IISM ini dipilih karena merupakan salah satu sekolah yang sering dikunjungi berbagai sekolah untuk kegiatan School Immersion. Selain itu, IISM yang merupakan sekolah internasional memiliki murid dengan berbagai latar belakang etnis dan budaya. Hal ini tentu sesuai bagi murid SDIT Al-Hamidiyah karena bisa belajar memahami keragaman sekaligus belajar menjadi warga dunia.


Pada sit-in class hari pertama di IISM, para murid SDIT Al-Hamidiyah berkenalan terlebih dahulu dengan teman-teman baru dan guru di sana. Selain itu, mereka juga diajak mengenal sekolah tersebut. Selanjutnya pada sit in hari kedua, mereka berkesempatan menampilkan tarian tradisional Indonesia dan medley lagu-lagu daerah. Penampilan ini sangat diapresiasi oleh pihak sekolah dan murid IISM yang juga menyambut dengan penampilan khas mereka. Setelah menampilkan tarian, para murid SDIT Al-Hamidiyah dibagi menjadi tiga kelompok kemudian mengikuti pembelajaran di kelas bersama teman-teman di IISM.


Salah seorang peserta School Immersion menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Ia merasa lebih percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris sekaligus sangat senang mendapat teman-teman baru. Sayang sekali, kegiatan sit in hanya berlangsung dalam waktu singkat karena harus pulang ke tanah air.

Selain belajar di IISM, para peserta juga memperluas wawasan dengan mengunjungi tempat-tempat terkenal di Malaysia yaitu antara lain Masjid Putra Jaya, KL Tower, Petro Sains, Genting Highland, dan Sky World Theme Park. Mereka sangat antusias belajar dan bertualang selama di sana. Setiap destinasi memiliki nilai edukatif yang unik, yang memberikan murid pengalaman yang tidak terlupakan sekaligus mendalam.

School Immersion Program merupakan wujud komitmen SDIT Al-Hamidiyah untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan holistik bagi para murid. Kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin tahunan yang menjadi salah satu program unggulan SDIT Al-Hamidiyah. Hal ini akan menciptakan pendidikan yang lebih dinamis dan berorientasi global.


Penulis : Nita Oktifa, S.Pd.

Penyunting : Humas YIA 

Archive