Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Diseminasi Pelatihan Literasi dan Numerasi; Warna Baru bagi Guru SDIT Al-Hamidiyah

Jum'at, 16 Februari 2024 Oleh Hana Qonita 406 kali


Pada November 2023, beberapa guru SDIT Al-Hamidiyah mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, yang selanjutnya disingkat menjadi Kemendikbudristek. Kegiatan yang dilakukan selama 4 hari ini bertempat di Mirah Hotel Bogor dengan fokus kegiatan yang berbeda. 


Indra Kurnia Yuliana (Ms. Ika) dan Dessi Eka Putri (Ms. Dessi) mengikuti kegiatan Uji Keterbacaan Seri Penguatan Konsep Dasar Numerasi untuk Guru Sekolah Dasar. Taufik Rahman (Mr. Taufik) mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Numerasi bagi Guru Sekolah Dasar. Fitri Rahma Sari (Ms. Rahma) dan Anisha Ratnawati (Ms. Nisa) mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Literasi bagi Guru Sekolah Dasar. Kemendikbudristek memfokuskan kegiatan ini pada dua hal yaitu numerasi dan literasi.


Pada Rabu, 17 Januari 2024, kelima orang guru yang telah mengikuti kegiatan tersebut diberikan kesempatan untuk mendiseminasikan hasil pelatihan kepada rekan-rekan guru. Diseminasi dilakukan untuk membagikan informasi dan pengetahuan baru yang diperoleh dari kegiatan Kemendikbudristek. Kegiatan ini menjadi warna baru bagi para guru SDIT Al-Hamidiyah. Pasalnya, diseminasi merupakan hal baru yang diketahui dan dilaksanakan di SDIT Al-Hamidiyah. 



Ms. Ika dan Ms. Dessi menyampaikan bahwa pelatihan yang mereka ikuti  lebih berfokus pada kesesuaian isi buku ajar numerasi pada jenjang Sekolah Dasar. Mereka memberikan komentar dan saran pada buku ajar numerasi sesuai konsep dasar numerasi sehingga lebih mudah dipahami para murid. 


Setelah itu, Mr. Taufik menjelaskan miskonsepsi numerasi yang sering dijumpai. Menurut penjelasannya numerasi bukan hanya hitung-hitungan atau matematika saja. Numerasi merupakan kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia (Kemendikbud, 2017) serta tidak ada definisi yang disepakati mengenai matematika. Oleh karena itu, integrasi numerasi dalam pembelajaran matematika dan mata pelajaran lain juga sangat penting. Selain itu, numerasi ada yang termasuk ke dalam Lower Order Thinking Skills (LOTS) dan memang sebagian besar membutuhkan kemampuan HOTS. 


Setelah membahas numerasi dalam dua kegiatan yang berbeda, Ms. Rahma dan Ms. Nisa memaparkan hal yang diperoleh pada pelatihan literasi. Pada pelatihan ini mereka mendapatkan pemahaman konsep literasi yang tepat dan pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi. Salah satu media pembelajaran yang bisa dipakai untuk mencapai hal tersebut adalah buku nonteks bermutu. Pemilihan buku nonteks bermutu yang sesuai usia dan pengembangan karakter murid dapat menentukan keberhasilan program membaca. Guru bisa mengajak murid untuk membaca buku nonteks dari beberapa website. Selain itu, guru dan murid juga bisa membuat buku nonteks sederhana yang meningkatkan kreativitas murid. Aktivitas dengan media pembelajaran ini dapat membantu pembaca awal dan meningkatkan kemampuan membaca fasih murid di sekolah.




Kegiatan diseminasi ini berjalan lancar. Para guru juga mendengarkan penjelasan dengan saksama. Semoga diseminasi ini bisa memberikan ilmu dan pengetahuan baru tentang literasi dan numerasi bagi seluruh guru SDIT Al-Hamidiyah sehingga tercipta masa depan yang lebih unggul. 




Penulis : Anisha Ratnawati, S. Pd.

Penyunting: Humas YIA

Archive