Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Meriahnya Tabligh Akbar Maulid Nabi Muhammad saw. di SDIT Al-Hamidiyah

Rabu, 11 Oktober 2023 Oleh Hana Qonita 522 kali

Bulan Maulid merupakan salah satu bulan yang dinanti oleh kalangan umat Islam. Sosok mulia nan agung karena akhlaknya lahir tepat di tanggal 12 Rabiul Awal Tahun Gajah di Kota Mekkah. Beliau adalah Muhammad, putra dari seorang ayah bernama Abdullah dan ibu bernama Siti Aminah. 

Dalam rangka menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad saw. SDIT Al-Hamidiyah menyelenggarakan kegiatan Tabligh Akbar Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw. dengan tema "Mari Kita Teladani Nabi Muhammad saw. Demi Menciptakan Generasi Penerus yang Unggul Prestasi, Berkarakter, serta Berdaya Saing Global.” Acara ini diselenggarakan pada tanggal 10 Oktober 2023 di lapangan SDIT Al-Hamidiyah. Bapak/Ibu guru dan murid kelas 3 sampai dengan 6 mengikuti kegiatan ini secara langsung sedangkan murid kelas 1 sampai dengan 2 mengikuti kegiatan secara daring menggunakan Zoom di kelas masing-masing.  

Acara Maulid Nabi dibuka dengan pembacaan zikir, tahlil, dan berzanji oleh guru dan murid. Setelah itu, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Yayasan, dan SDIT Al-Hamidiyah. Ibu Marti Alifa, S. Psi., selaku Wakil Direktur Pendidikan Al-Hamidiyah, menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan Tabligh Akbar Maulid SDIT Al-Hamidiyah merupakan bukti kecintaan kepada Rasulullah.  Bukti tersebut ialah mempelajari sejarah Nabi, mengikuti sunnah dari Rasulullah, dan senantiasa membaca salawat.


Peringatan Tabligh Akbar Maulid Nabi Muhammad saw dihadiri oleh penceramah yaitu K.H. Ustadz Abdul Muhaimin, L.C.M.M. M. Ag. Dalam ceramahnya, Kyai yang lebih dikenal dengan panggilan Kyai Alay mengajak para murid untuk senantiasa mengerjakan salat lima waktu setiap hari dan berbakti kepada orang tua. 

Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw. ditutup dengan doa oleh K.H. Ahmad Mahfudz. Setelahnya persembahan dari  grup musik Ni'am yang salah satu personilnya merupakan anggota grup musik Debu bernama Munir. Para hadirin disuguhkan lirik-lirik syair sufi dengan iringan musik yang merdu di telinga. Selain itu, dua orang  personil grup musik Ni'am juga menampilkan tarian sufi. 

Ustaz Fahmi Yazid, S.Pd.I selaku ketua panitia merasa bangga dan bahagia bisa mengadakan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad saw. secara sukses. Dalam pesan tertulisnya, Ustaz Fahmi berharap seluruh murid SDIT Al-Hamidiyah mampu mencintai Rasulullah dan memperbanyak membaca salawat. Karena Rasulullah bersabda: man ahya sunnati, faqod ahabbanii. Wa man ahabbani faqod ma'iyy fil jannah. Artinya, "Siapa yang menghidupkan sunnahku maka ia mencintaiku. Dan jika ia mencintaiku, maka ia bersamaku di surga." 

Tabligh Akbar Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw. tahun ini diharapkan bisa memotivasi murid untuk mencintai Nabi Muhammad saw, sehingga mampu mencontoh akhlak-akhlak beliau, dan menjadikan mereka sebagai insan yang lebih baik dan bermanfaat. 



Penulis: Suriyadi

Penyunting: Tim Kominfo



Archive