Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Santri Al-Hamidiyah Belajar Siaga Bencana Bersama Damkar Depok

Selasa, 29 Maret 2022 Oleh Kajis 874 kali

DEPOK - Pesantren Al-Hamidiyah bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok mengadakan Pengenalan Siaga Bencana, Selasa (29/03/22). Acara dibagi menjadi dua sesi, pertama online di pagi hari dan simulasi evakuasi pada siang hari.

Seluruh santri Pesantren Al-Hamidiyah beserta guru, ustadz, dan karyawan terlibat aktif dalam acara ini. Ketika acara dilaksanakan, baik secara online maupun offline, para santri antusias menyimak, bertanya, dan mempraktikkan bagaimana cara siaga bencana yang harus dilakukan.  

“Dalam kasus kebakaran, kita punya waktu 15 menit atau response time sebelum mencapai puncaknya. Oleh karena itu, kita perlu belajar P3K atau pertolongan pertama pada kebakaran, juga mengetahui MKKG atau manajemen keselamatan kebakaran gedung agar semua selamat,” tutur Drs. Raden Gandara Budiana, Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok.

Prof. Dr. K.H. Oman Fathurahman, M.Hum., Kepala Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah mengatakan bahwa Pesantren Al-Hamidiyah sangat memberikan perhatian terhadap upaya menjunjung tinggi kesehatan dan keselamatan manusia. 

“Dalam agama menjaga kesehatan dan keselamatan jiwa manusia merupakan salah satu dari maqashid syariah, tujuan syariat agama diturunkan. Istilahnya hifdzun nafs, menjaga jiwa manusia. Nah, pelatihan siaga bencana semacam ini juga harus dimaknai sebagai menjaga syariat agama, sehingga bernilai ibadah untuk kita semua,” ungkap Kiai Oman.