Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Pimpinan Pesantren Baitul Hikmah Haurkuning Kunjungi Pesantren Al-Hamidiyah

Minggu, 01 Oktober 2023 Oleh Kajis 1312 kali

DEPOK - K.H. Busyrol Karim Zuhri, Pimpinan Pondok Pesantren Baitul Hikmah, mengunjungi Pesantren Al-Hamidiyah dalam kunjungan yang sangat berarti (Rabu, 20/09/2023). Dalam kunjungannya, beliau disambut dengan hangat oleh Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah, Prof. Dr. K.H. Oman Fathurahman, M.Hum.

Kiai Busyrol, yang juga menjabat sebagai Wakil Katib Syuriah PWNU Jawa Barat, memimpin Salat Maghrib di Masjid Jami Al-Hamidiyah sebagai tanda kebersamaan. Setelah itu, beliau melanjutkan dengan berziarah makam Pendiri Pesantren, Almagfurlah  K.H. Achmad Sjaichu.

Kiai Busyrol mengenang dengan penuh rasa hormat sosok Kiai Sjaichu, yang merupakan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Saat itu, berita wafatnya Kiai Achmad Sjaichu menggema, dan semua santri Pesantren Baitul Hikmah Haurkuning bersama-sama membacakan Yasin untuk menghormati almarhum.

"Saat itu, ketika mendengar berita (radio) wafatnya Kiai Achmad Sjaichu, seluruh santri membacakan Yasin," ujar Kiai Busyro dengan penuh penghargaan.

Dalam kunjungannya, Kiai Busyrol juga mengungkapkan keyakinannya bahwa upaya membesarkan Nahdlatul Ulama (NU) akan berdampak positif pada perkembangan pesantren. "Yang membesarkan NU pasti pesantrennya akan besar," katanya.


Selain itu, ia juga mengenang ucapan Bapak Kiai Saepudin Zuhri yang menitipkan pesan untuk membangun kantor PRNU Mandalaguna. "Alhamdulillah, terbangun kantor PRNU 4 lantai, dan ditandatangani oleh Kiai Said Aqil Siradj. Jadi terasa berkahnya NU," ungkap Kiai Busyro.

K.H. Oman Fathurahman, Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah, mengucapkan terima kasih atas kunjungan bersejarah K.H. Busyrol Karim Zuhri ke Pesantren Al-Hamidiyah. "Bahagia dengan kedatangan putra Guru saya, Kiai Saepudin Zuhri, Pendiri Pesantren Baitul Hikmah Haurkuning Salopa. Salah satu wasiatnya adalah harus menjadi bagian dari NU," ujar K.H. Oman dengan rasa syukur.

Pesantren Baitul Hikmah Haurkuning terletak di Dusun Haurkuning, Desa Mandalaguna, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya. Pesantren ini berada di selatan Kota Tasikmalaya, dengan jarak sekira 35 kilometer.

Turut hadir dalam kunjungan bersejarah ini Wakil Pengasuh Pesantren Bidang Peribadatan dan Asrama, K.H. Abdul Rasyid, Wakil Pengasuh Pesantren Bidang Kajian Islam dan Bahasa, K.H. Jauhari Sadji, Kepala Kepesantrenan dan Asrama Ustadz Suma Wijaya, M.I.Kom, serta Wakil Kepala Kepesantrenan dan Asrama, Ustadz Ahmad Ridwan, M.Sy.


Pewarta: Abdul Mun'im Hasan

Editor: Atunk


Archive