Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Rayakan Hari Santri Nasional 2023, Pengasuh Al-Hamidiyah: Jihad Santri Jayakan Negeri

Senin, 23 Oktober 2023 Oleh Kajis 508 kali

DEPOK - Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2023, Pesantren Al-Hamidiyah, Depok, menggelar upacara peringatan yang penuh semangat (Ahad, 22/10/2023). Acara ini dipimpin oleh Kepala Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah, Prof. Dr. K.H. Oman Fathurahman, M.Hum, yang memberikan sambutan istimewa dan menginspirasi para hadirin dan santri.

 

Kiai Oman mengingatkan bahwa Hari Santri memiliki latar belakang lahirnya Fatwa Jihad dan Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945. Ini adalah momen bersejarah di mana para santri dan ulama bersatu untuk melawan penjajahan dan ketidakadilan.

 

“Para santri yang berjihad melawan ketidakadilan itu belajar di pesantren, hidup, tumbuh, dan dididik di pesantren. Mereka taat kepada arahan kiainya, Hadratusysyaikh, untuk bersama-sama melawan pasukan sekutu Belanda, meski dengan peralatan senjata yang sederhana. Pesantren telah membentuk karakter para santri menjadi pribadi yang tangguh, berani, menentang segala bentuk penjajahan, kekerasan, guyub, kompak, dalam membela kebenaran,” ungkap Kiai Oman.