Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Komunitas ABC Pesantren Al-Hamidiyah Meriahkan HUT RI ke-78 dengan Gowes Kemerdekaan

Kamis, 24 Agustus 2023 Oleh Kajis 371 kali

DEPOK - Semangat kemerdekaan dan persatuan terasa semakin kuat di Pesantren Al-Hamidiyah dengan diadakannya acara Gowes Kemerdekaan oleh komunitas sepeda yang bernama ABC (Al-Hamidiyah Bicycle Club). Acara ini digelar untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-78 (Sabtu, 12/08/2023).

Rute Gowes Kemerdekaan tahun ini mengarah ke Studio Alam TVRI Depok. Puluhan peserta goweser dari komunitas ABC berkumpul di pesantren sebelum berangkat. Momen tersebut dimulai dengan pembacaan doa pemberangkatan yang dipimpin oleh Kepala Pengasuh, Prof. Dr. K.H. Oman Fathurahman, M.Hum.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, cinta terhadap Tanah Air semakin tumbuh. Dengan doa yang kami panjatkan, semoga perjalanan ini mendapatkan perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT, dari awal hingga kembali ke rumah masing-masing. Dengan menyebutkan Basmalah, mari kita gowes menyambut HUT RI ke-78," ujar Kiai Oman.


Setibanya di lokasi, kegiatan dilanjutkan dengan ngobrol santai bersama. Kiai Oman mengatakan bahwa bersepeda adalah sebuah tindakan yang mengandung tanggung jawab dan profesionalitas, bukan semata-mata soal gaya.

"Ketika kita bersepeda dengan perlengkapan yang sesuai seperti sepatu dan kacamata, itu adalah upaya menjaga keselamatan. Keselamatan adalah investasi mahal, namun manfaatnya akan terasa dalam jangka panjang. Nilai-nilai seperti ini yang dipegang oleh komunitas ABC. Semangat profesionalitas harus tercermin dalam segala hal, termasuk saat kita bersepeda," tutur Kiai Oman.

Lebih lanjut, Kiai Oman menekankan bahwa melalui ABC, pesan untuk menjaga lingkungan dan mengatasi perubahan iklim tersebar luas. Beliau merujuk pada upaya Iran yang meliburkan aktivitas selama dua hari akibat suhu yang sangat tinggi.