Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Peringati Harlah Ke-34 dan Awali Tahun Ajaran 2022-2023, Pesantren Al-Hamidiyah Gelar Istighotsah Bersama

Jum'at, 29 Juli 2022 Oleh Kajis 962 kali


DEPOK - Dalam rangka memperingati milad ke-34 Al-Hamidiyah Depok dan mengawali tahun ajaran baru 2022-2023, Pesantren Al-Hamidiyah menggelar Istighotsah bersama. Acara yang diselenggarakan secara hybrid ini bertempat di Masjid Jami’ Al-Hamidiyah (Ahad, 17/07/22).

Kepala Pengasuh Al-Hamidiyah Depok, Prof. Dr. K.H. Oman Fathurahman, M.Hum, dalam sambutannya menyampaikan pesan-pesan terkait pentingnya belajar dan mengamalkan ilmu bagi para santri.


“Santri Al-Hamidiyah hendaknya mengetahui bahwa mencari ilmu adalah kewajiban, sebagaimana Nabi Muhammad Saw bersabda ‘Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim laki-laki dan perempuan’,” ungkap Kiai Oman.   



Mencari ilmu, lanjut Kiai Oman, akan mengarahkan kepada jalan surga Allah swt. Hal ini sebagaimana hadits Nabi Muhammad Saw yang artinya, “Barangsiapa yang menempuh perjalanan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan jalan menuju surga.” (HR. Muslim).


“Santri hendaknya beribadah, beramal, bergaul tentunya dengan ilmu. Sehingga semuanya  mendapat ganjaran dan diterima oleh Allah SWT,” ungkapnya. 



Dalam kesempatan ini, Kiai Oman juga mengutip syair dari kitab Matn al-Zubad karya Ibnu Ruslan (w. 844 H): 


وَكُلُّ مَنْ بِغَيْرِ عِلْمٍ يَعْمَلُ - أَعْمَالُهُ مَرْدُوْدَةٌ لاَ تُقْبَلُ

Dan setiap yang beramal tanpa ilmu, amalan-amalannya tertolak tidak diterima.


“Dengan niat yang lurus maka akan berhasil. Jika niatnya sudah benar, tetapi usaha belajarnya kurang, maka tidak akan sampai kepada yang diinginkan. Hal ini juga ditentukan seberapa besar usaha kita sehingga akan mengantarkan kepada cita-cita,” tegas pengampu Ngasuh atau Ngaji Bersama Pengasuh ini.


Kiai Oman juga mengimbau, hendaknya santri baru di awal-awal ini diusahakan untuk betah dan nyaman di asrama. Janganlah menyerah dan terus berusaha. 




Sementara itu, Direktur Pendidikan, Dr. Farida Wulandari, M.Pd mengapresiasi para guru yang telah memaksimalkan potensinya dengan berkomitmen menjalankan tugas secara profesional. Guru-guru itu pun mendapatkan penghargaan.


"Terima kasih untuk para guru yang sudah mencurahkan yang terbaik untuk peserta didik di tahun pembelajaran yang lalu, selamat bagi para guru yang mendapatkan penghargaan di Tahun 2021-2022. Saat ini, kita memasuki tahun pembelajaran baru 2022-2023. Semoga para guru-guru yang lain pun dapat meraih prestasi," ucapnya.


Pembacaan Istighosah oleh KH Jauhari Sadji, Lc dan diakhiri pembacaan doa oleh KH Abdul Rasyid Marhali, Lc. 



Pewarta: Abdul Mun'im Hasan

 


Archive