Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Optimalkan Pengajaran, Guru Pesantren Al-Hamidiyah Adakan MGMP Tahun Ajaran 2023/2024

Kamis, 20 Juli 2023 Oleh Kajis 335 kali

DEPOK - Para ustadz dan guru di Kajian Islam (Kajis) Pesantren Al-Hamidiyah melaksanakan kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tahun ajaran 2023/2024. Kegiatan yang diadakan oleh Direktorat Kepesantrenan Al-Hamidiyah selama dua hari pada hari Rabu-Kamis di Aula Madrasah (12-13/07/23). 

Dalam kegiatan MGMP ini hadir pula, Kepala Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah, Prof. Dr. K.H. Oman Fathurahman, M.Hum. Beliau mengatakan pada tahun ini Kajian Islam harus lebih baik lagi, terutama ditetapkannya Tahun Berbahasa. 

"Yang tidak kalah pentingnya adalah dari Asatidz untuk menciptakan Bi'ah Lughawiyah sehingga para santri dapat belajar bukan hanya di kelas saja, adanya maharatus sima'iyah (kecakapan mendengar), maharatul kalam (skill berbicara) serta maharatul kitabah (skill menulis dengan baik) semua itu harus terealisasi dengan baik di tahun ini," ungkap Kiai Oman. 

Wakil Kepala Pengasuh bidang Pembinaan Bahasa & Kajian Islam K.H. Jauhari Sadji, Lc., mengungkapkan, ada beberapa poin mengenai pelaksanaan kegiatan Kajis di Pesantren Al-Hamidiyah agar lebih baik dan memiliki wibawa. 



"Pada tahun ajaran ini merupakan tahun bahasa. Oleh karena itu, segala sesuatu yang dilakukan harus memiliki indikator bahasa termasuk absensi kelas kajian Islam," jelasnya. 

Kiai Jauhari berharap para guru Kajis dapat berkomitmen membimbing para santri, memastikan bahwa santri terus bertambah hafalan Al-Qur'annya dan jangan sampai berkurang hafalannya.

Sebelum kegiatan musyawarah dilakukan, Ustadz Ridwan selaku penanggung jawab Kurikulum Kajis memberikan sosialisasi dan arahan kepada para guru terkait jadwal KBM. Dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa akan dibentuk kelompok setiap guru mata pelajaran untuk menyusun silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 

Hari kedua kegiatan MGMP dilaksanakan pada hari Kamis, 13 Juli 2023 pukul  08.00 wib sampai pukul 12.00 wib di Aula Madrasah lantai 2. Pada hari kedua, MGMP melanjutkan penyusunan silabus dan RPP yang belum diselesaikan di hari sebelumnya. 

Sebelum melanjutkan, ustadz Ridwan kembali memberi arahan kepada para peserta dengan menentukan Penanggung jawab setiap kelompok mata pelajaran. Penanggung jawab mata pelajaran tersebut yang akan mempresentasikan silabus dan RPP hasil dari diskusi masing-masing kelompok.

Pewarta: Verbena/Abdul Mun'im


Archive