Pesantren Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Pesantren Al-Hamidiyah Jadi Tuan Rumah LKD Fatayat NU Kota Depok

Sabtu, 21 September 2024 Oleh M. Yasir 187 kali

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kota Depok menggelar Latihan Kader Dasar (LKD) di Pesantren Al-Hamidiyah Depok selama dua hari, mulai Sabtu hingga Ahad, 21-22 September 2024.

Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah, Prof. Dr. KH. Oman Fathurahman, M.Hum, mengawali sambutannya dengan mengirimkan doa melalui pembacaan surat Al-Fatihah untuk pendiri Pesantren Al-Hamidiyah, Al-Maghfurlah KH. Achmad Sjaichu.

"Ahlan wa sahlan di pesantren kami, di yayasan kami. Dengan wasilah Kiai Sjaichu, kita dapat bersilaturahmi di Al-Hamidiyah ini," ujarnya.

Prof. Oman juga memperkenalkan beberapa tokoh yang hadir, di antaranya Wakil Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah, Ibu Marti Alifa Fauzia, yang merupakan cucu dari Kiai Sjaichu dan putri dari dr. Fahmi Saifuddin. Selain itu, hadir pula Kiai Abdul Rasyid, Lc., salah satu santri angkatan pertama Kiai Sjaichu, serta Gus Bimo, putra Bu Ati.

"Kami sangat mendukung kegiatan ini, sehingga kami sertakan dua ustadzah pembina dari pesantren kami untuk menjadi kader. Kegiatan NU ini merupakan amanat dari Ketua Pembina Yayasan kami, Ir. H. Mochammad Sutjahyo Sjaichu, yang menjadikan Pesantren Al-Hamidiyah sebagai salah satu pusat kegiatan NU di Kota Depok. Bagi kami, ini adalah kehormatan besar menjadi tuan rumah LKD Fatayat NU Kota Depok," tegas Guru Besar Filologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut.

Ketua Fatayat NU Kota Depok, Hj. Ade Rina Farida, M.Si., menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat organisasi dan mencetak kader baru.

"Melalui LKD ini, kami memberikan bekal dasar untuk berorganisasi, mempelajari strategi, dan menguatkan militansi kader di Pimpinan Cabang Fatayat NU Kota Depok," ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh 86 peserta yang berasal dari perwakilan 11 kecamatan di Kota Depok. Ade Rina berharap program-program yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti sosialisasi dan penyuluhan kesehatan reproduksi, pencegahan stunting, bakti sosial, penggalangan dana untuk korban bencana, serta pembinaan UMKM, dapat terus dijalankan di masa mendatang.

Sebagai informasi, hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah Prof. KH. Oman Fathurahman, M.Hum, KH. Abdul Wa’id (Wakil Syuriah PCNU Kota Depok), KH. Jazim Hamidi, Gus Bimo (Ketua PAC GP Ansor Pancoran Mas), Abdul Mun'im H (Pergunu Kota Depok), serta Ketua PC IPNU dan Ketua PC IPPNU Kota Depok.

Pewarta : Abdul Mun'im Hasan

Editor : Kominfo Al-Hamidiyah Depok

Archive